Single post

Niat, Syukur, dan Ikhlas (Firstmeet Mentoring ICB 2015)

Niat adalah suatu komitimen ketika kita akan melakukan sesuatu hal. Mulailah dengan satu tindakan kecil dalam menentukan target besar dalam melakukan suatu hal. Lakukanlah dan bulatkan niat kita walaupun secara perspektif suatu hal yang akan kita lakukan itu berat dalam sebuah usaha. Karena pada akhirnya hasil dari niat dan usaha kita yang telah dilakukan akan berbuah manis.Dan tentu saja hasil ini tidak akan muncul secara tiba-tiba. Dibutuhkan proses dalam kurun waktu tertentu untuk bisa mendapat hasil yang kita inginkan. Maka dari itu kesabaran adalah kata kuncinya. Jika kita tidak memiliki rasa kesabaran dan usaha yang kita lakukan berhenti di tengah jalan maka akan sia-sia. Lebih baik tidak melakukan apa-apa jika tidak ada hasil daripada melakukan dengan setengah-setengah dalam arti tidak punya niatan yang baik.

Ketika kita mendapatkan nikmat yang melimpah dari hasil niat dan usaha yang telah kita lakukan, tak lupa kita harus mensyukurinya dengan berserah diri kepada-Nya. Jika kita tidak mensyukuri nikmat yang telah didapatkan dan merasa cukup, maka nikmat yang akan kita dapatkan tidak akan berkelangsungan dalam arti sampai disitu saja.

Nikmat dan rahmat yang kita peroleh harus dengan ikhlas kita terima karena jika kita tidak mempunyai rasa ikhlas dalam arti ingin lebih dari yang telah diberikan, maka bisa jadi akan terjadi hal yang sebaliknya yakni nikmat yang telah kita dapatkan tidak akan bertahan lama. Maka dari itu keikhlasan sangat diperlukan dalam hal ini

Dengan ketiga aspek yang telah dijelaskan tadi, jika kita bisa mengaplikasikan ke dalam diri kita masing-masing maka niscaya Allah akan selalu memberi kita kemudahan dan nikmat yang melimpah karena Allah SWT akan selalu ada disisi orang yang beriman kepada-Nya.

 

Pembimbing: Muhammad Ihsan

LEAVE A COMMENT

theme by teslathemes